Laman

Sabtu, 05 Mei 2012

TUGAS PKIT 2B

1. Sebutkan dan Jelaskan lapisan - lapisan sistem unix:
 

2.) Sebutkan dan jelaskan kemampuan sistem oprasi unix :

Multiuser : sistem yang dapat di gunakan oleh banyak orang pada saat bersamaan
Multitasking : sistem dapat mengerjakan beberapa tugas atau proses dalam sebuah terminal pada waktu yanng bersamaan 
Portabilitas : sistem unix mudah di adaptasi ke sistem komputer lain,(super komputer,main frame,mini komputer,mikro koputer, workstation,PC,laptop atau notebook)
Sistem file hirarkikal : Memungkin kan pemakai mengorganisasikan informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk di ingat dan mudah mengaksesnya

3.) Jelaskan otoritas masing - masing pemakai sistem oprasi unix/ linux :
Owner : user dapat membuat direktori atau file baru
Group : kumpulan user yang memiliki hak akses yang sama
Other : pemakai di luar Owner dan Group

4.) Jelaskan dan berilah contoh 5 perintah di unix/linux :

buat direktori
Mkdir [nama direktori]
misal : fitri@wijayanti [/home] # mkdir latihan

Mengubah posisi dari satu direktori ke direktori lain
 cd [direktori tujuan]
misal : fitri@wijayanti [/home] # cd rumah 

Menghapus file
rm [nama file] atau rm [lokasi file/nama file]
misal : rm coba.txt 

Menghapus direktori
mdir [nama direktori] atau redir -r [nama direktori]
misal : redir percobaan 

Memindahkan file
mv [posisi file] [posisi tujuan]
misal : mv coba.txt data/percobaan/test 

5.) buatlah di rektori menggunakan perintah unix/linux dengan susunan direktori sebagai berikut :

admin@gunadarma [/] $ sudo su
admin@gunadarma [/] # cd /home
admin@gunadarma [/home] # mkdir FAKULTAS
admin@gunadarma [/home] # cd FAKULTAS
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS] # mkdir FILKOM
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS] # cd FILKOM
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS/FILKOM] # mkdir SI SK
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS/FILKOM] # cd..
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS] # mkdir FE
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS] # cd FE
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS/FE] # mkdir AK MA
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS/FE] # cd..
admin@gunadarma [/home/UNIVERSITAS] # mkdir FTI

Rabu, 04 April 2012

jadwal kuliah 1EB03

Jadwal Kuliah (1EB03) - ATA 2012   (*http://gunadarma.ac.id//)

KelasHariMata KuliahDosenWaktuRuang
1EB03SeninSosiologi dan PolitikTATI SUNARTI1/2E231
1EB03SeninPengantar Komputer & TI 2CARRUMMAISHA ADRIFINA, ST., MSC3/4E231
1EB03SeninPengantar Komputer & TI 2ASILVIA HARLENA6/7E228
1EB03SeninPengantar Ekonomi 2 *ELVIA FARDIANA8/9E228
1EB03SelasaDasar PemasaranEVA KARLA3/4E231
1EB03SelasaPengantar Akuntansi 2SRI MIFTI SUSILOWATI6/7/8E231
1EB03KamisPerekonomian Indonesia #TITI NUGRAHENI4/5E322
1EB03KamisBahasa Inggris 2WAWAN WURJANTORO6/7E322
1EB03KamisPengantar Komputer & TI 2BREZA CHANDRA8/9E322
1EB03SabtuMatematika Ekonomi 2 **RISWAN5/6/7G124

Senin, 02 April 2012

dear boy..

.I just want you to know,how I feel,and I won't more.
we are not friend,and I guess never will be.
all decision it's in your hands,sorry I have to tell you,because I just wanna let it free,I'm sick and tired about secret .so I'm free now,and I never wish we can get closer and honestly deep in my heart, I WON'T , so my brain too.I'm sorry I give you a little problem . I'm so sorry that I selfish. it doesn't  have to be happen. but what can I do? I don't wanna die inside. so I'm try so hard as I can to let my feeling free. IF we get closer someday,I don't wanna be like the place for you running,because that girl who you love,doesn't love you back. 
I'm free and I won't more,it's so enough for me,thank you so much.

I'm always looking at you behind the mirror,I always in the corner where you stand,but it's enough for me to know,how you life happen..
 I don't wanna be a thing that you always see ,I don't wanna be a part that always you think. I love enough to stand behind you,I'm free to do anything..
I feel so enough right now,and I love my life without you ( before ),so thanks..but I never regret about it,
I'm happy..

if there is one thing that you can do,may be can you go away ? just to make this situation feel better for me..because I know..it's nothing for you,so yes. I'm the shadows of what I feel, and I'm so be grateful about it  bacause just to be shadows doesn't easy,because she always following you,no matter what..

Jumat, 23 Maret 2012

BEST FRIEND

haloooo,sebelumnya nih mau ngenalin, gue dan salah satu  teman tercinta..










 



Dan  yaudah gue mulai dari awal yaaaaaaaaa~
dari gue dulu
gue sebelumnya ini tipe cewek yang super duper pendieeem,ga suka banyak tingkah,pokoknya diem bgt deh
nah sedangkan dia,yaa bisa di bilang supel,asik,nyenengin yaaa gitu gitu deh intinya nyambung banget kalo di ajak ngomong..Nah gue ketemu Denissa ituuu mulai dari kelas 1 SMA dia itu duduknya di belakang gue pas di belakang gue,cuman di sebrang gitu..jadi silang gitu duduknya..

dia punya 2 orang temen,yang cantik cantik abis hehehe ya oke bgt lah,mereka supel hemm ga jauh lah kelakuannya sama denissa,nyenengin gituuu,sedangkan gue,gue ada beberapa temen yaaaaaaaang ga kaya temannya denissa dan yang pasti setipe sama gue hehehehe

di kelas satu itu,kita GA PERNAH ngobrol sama sekali,untuk ngomong sama orang aja gue udah a-u-a-u hehehe jadi gimana mau ngomong,jadi kalo pun ngomong sama dia,yaaaaa yang penting penting aja gituuuu..
nah tiba deh pengunguman kelas 2,jadi kan kalo kelas dua itu kita duduk ama temennya di random gitu kaaan..saat itu gue udah takuuut banget karna;
1.gue ga mudah dapet temen
2.gue bukan tipe orang yang "asikasik aja"
3.gue ga kenal siapa - siapa.

pokoknya udah waswas deh,nah di sekolah SMA itu kan gue ama temen SMP gue sama ,daan gue SANGAT berharap bakal sekelas sama dia atau seseorang yang kenal baik dengan gue..
yaudah tuh  pas sore harinya pengumuman kelas 2 gue sama dia jalan ke SMA berdua dua,di sepanjang jalan gue berdoaaaaaaaaaaaa aja,nyebut nyebut gitu hahahaha yah galau galau gituuuuu,ibarat pacar yang takut selingkuhannya kebongkar.

yaudah tuh nyampe SMA,dari jauh,gue udh bisa liat papan pengumuman pembagian kelas.gue dtg pelan pelan,sangking  takutnya liat pengumuman kelas, gue jalan udah kaya orang nge-gendong batu kali yang gede ituu tu.yaudah mau segede apa batu nya,intinya gue sampe juga di papan itu,saat itu gue dapat kelas 2-4 .yaudah aja gue cari kelas 2-4 ...... "...."       "......................................."    ".........'"
".................." "................","......."

udah bisa banyangin kan?


"TAMAT".

eh eh engga belom diiiing hehehe yaudah pas gue liat  KAGA ADA TEMEN YANG DEKET SAMA GUE SATUPUN! erhm,sebenarnya sih ada,pendiem juga sama kaya gue,cuman saat itu gue mikir "gue ga mungkin diem selamanya yaudah aja gue putusin untuk "move on" ". terus gue liat lagi daftar nama temen temen yang lain..
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
DENISSA EGI MARELIA
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
ga kenal
daaaaan sebagainya.

saat itulah gue bertindak yaudah aja gue cari nomer telponnya.....
DAPET! gue telfon,dan jantung gue cenat cenut.
 G : " halo den,ini denissa ya?"
 D : " iya,ini siapa?"
 G : " ini fitri den,dari kelas 1B"
 D : " oooh,iyaaaa...knp fit?"
 G : "iyaa gini den,kita dapet kelas yang samaaaaa,gue duduknya sama lo ya? "
 D : *hening*
 G : *dag dig dag dig dag dig JEGGEERRRRRRRR!!!!!!!!!!*
 D : "ooh yaudah iya iya oke"
 G : "bener ya? okee makasih denissa"
       *seneeeeng*#untung ga loncat loncat
 D: " iyaa sama samaa "


hhh......

yaudah hari pertama gue duduk sama denissa GANJIL,ANEH,pokoknya ga nyaman dueeeh
hemm udh tau ga usah nanya,terus lo pasti bingung doooong gimana gue bisa deket sama dia?
ini namanya "TRAGEDI HAPE HTC"

namanya nya aja gue ya kan,hp touchscreen aja gue masih rada asing  gituuh,nah saat itu itu dia kaya di kasih hp touchscreen gitu sama nyokapnyaa..ya kita dengerin lagu brg brg gituuu,terus so so an gue minjem hpnya buat ngeliat lirik,tp pas baru mau liat bu Nur (guru sosiologi dan wali kelas dan aga sedikit galak)
dateeeeeng! yah dari pada gue balikin,ga asik banget yaudah so so aja gue pake tuh hape,namanya guru lagi ngomong ya kita liatin ya kaaan? sambil ngeliat guru,gue sambil touch touch hp nya dia gituu hehehe
gue posisinya nunduk gitu,sedangkan dia senderan ke belakang.
"..............."
HAHAHAHAHAHAHAAHAHA
*eh maap maap,kelepasan


 yaudah dengan so so nya gue asal aja gue geser geser jari gue di hp itu,tapii ko dari belakang dia kaya ketawa ngakak yang di tahan gitu ya? gue nengok tuh,yah namanya org seneng auranya kan ketularan ke orang sekitarnya kan? yaudh gue ketawa ketawa aja,pas udah aga "garing" gitu dan rada cape gitu gue ketawa nya gue tanya "elu ngetawain appan sih cong?" (nama panggilannya dencong,DENCONG ya bukan BENCONG!!)
*bu nur keluar
dia ketawa makin gede "BUAHAHAHAHAHA lo liat hape gue deh je hahahahahaha " *intinya dia kaga berenti ketawa kaya org kesurupan,saat itu gue aga takut gitu gara gara dia ketawa kaga berenti
dan pas gue liat... "..............." "BUHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA GILAAA HYAHAHA kaga sadar cong" hehehehe jdi di hp nya dia itu ada bekas coretan tangan gue gituuuu gile banyak bangeeetttt yaah ketauan bgt lah udiknya hehehe
nah "SEMENJAK ITU" gue sama dia jadi dekeeeeeeet sampe sekarang,
kita cerita ceritaa,ketawa,ngongkrong di wc,depan menza ya gitu deeeh
dan ya yang elo tau dia kan supel ya..jadi otomatis gue kebawa kan sama sikapnya dia yaaa walaupun sedikiiiit bgt.
dia ngajarin gue ngomong,bantuin pelajarn,ngajak gue jalan..intinya dia GA pernah ninggalin gue sendiri deh
jdi nya gue yaaah udh mulai terbuka bin lunak gini..


yaudah pas pengumuman kls tiga,kita udh ga lagi barng,dan yaaa gue udah aga jauh gitu sama dia :'(
jrg ngobrol,tapi uniknya...kita masih suka main brg,gue kerumah dia gitu malemm..main,cerita gitu deeeh..
terus kita patah hati hehehe sampe sempet pernah mikir mau lesbongan hehehe saking sakit hatinya sama cowo hehehe tapi untung kita masih di beri sedikit kecerahan..jadi... YA GA JADI LESBONGAN nyaaaaaa dooong :p
hem,tapi sekarang dia udah punya pacar,dan gue belom hehehe
jadi yaaa gitu lah.karna kita juga udh kuliah..jadi kita dpt tmn baru dong,terutama diaa "supel,dll"

gue pernah mikir,kalo kita marahan,gue takkuuut bgt dia bakal ninggalin gue,ya karna kesalahan gueeee
MUNGKIN  buat dia kehilangan satu ya ga masalah,kan masih banyak yg lain,sedangkan gue?!
 ga akan gue bisa dapet temen kaya dia lagi hhh..
tapi yaah yang terbaik buat dia,eh kita deh ..
iya yang terbaik buat kita aja.

gue bakal bersalaaaah bgt kalo gue sampe jahat sama dia :') tapi namanya manusia kan ya..bukan setaan eh bukan malaikat maksudnya..
selalu buat salah..
yah intinya begitu lah,gue doakan yang terbaik buat kita

amin~

daann ini ada beberapa sedikit foto tentang kita :*


ini waktu di bogor (klo ga salah) perpisahan kelas 2 :'D












ini dikelas hari jumat sempeeet aje dandan ama potopoto..











yaaaah ini foto terakhir,di hariiiii senin kayanya,pas pulang sekolah..hehehe
mumpung sepi foto dulu kaliiii hehehehe











yah singkat cerita gitu lah awal ketemu gue sama denissa :D

love banget buat kita berdua deh hehehe

Selasa, 13 Maret 2012

gadis yang sendirian

seolah semua mata terus memandangnya
seakan dunia berhenti dan degup jantung menderu kencang
bertarung dengan cita cita yang selalu terbang tak terarah

terlalu banyak kasih dan cinta yang harus di korbankan
terlalu susah untuk berusaha menjadi egois
memikirkan diri sendiri dan menyakiti orang lain
air mata tak tertentu selalu menetes jatuh tak karuan

gadis itu..
selalu berharap,berharap ia bisa menjadi orang lain
orang yang lebih di cintai semua orang
selalu penuh harapan dan penuh akan citacita yang ia tidak yakini

hanya sebuah setitik yang terlihat
di titik itu ia menaruh harapan,doa yang tak pernah berakhir
selalu penuh akan sebuah penantian
yang masih penuh dengan tanda tanya

Sabtu, 03 Desember 2011

tulisan 2

1.       Buat paper tentang salah satu FRANCHISING yang berhasil di Indonesia
·         Pilih dalam negeri atau luar negeri
·         Minimal 3 halaman
2.       Sebutkan keuntungan dari usaha FRANCHISING tersebut bagi pemiliknya
3.       Apa dampak positif dan negative dari franchising tersebut bagi 
          pertumbuhan ekonomi di Indonesia
 PT Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan  Melawai, Jakarta, dan sukses outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya.  Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada Publik dan Koperasi.
Perseroan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum! Restaurants International (YRI), sebuah badan usaha milik Yum! Brands Inc., yaitu sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari empat merek ternama lainnya, yakni Pizza Hut, Taco Bell, A&W, dan Long John Silvers. Lima merek yang bernaung dibawah satu kepemilikan yang sama ini telah memproklamirkan Yum! Group sebagai fast food chain terbesar dan terbaik di dunia dalam memberikan berbagai pilihan restoran ternama, sehingga memastikan kepemimpinannya dalam bisnis multi-branding. Untuk kategori produk daging ayam cepat saji, KFC tak terkalahkan.
Memasuki 28 tahun keberhasilan Perseroan dalam membangun pertumbuhannya, posisi KFC sebagai pemimpin pasar restoran cepat saji tidak diragukan lagi. Untuk mempertahankan kepemimpinan, Perseroan terus memperluas area cakupan restorannya dan hadir di berbagai kota kabupaten tanpa mengabaikan persaingan ketat di kota-kota metropolitan. Perseroan baru saja meresmikan pembukaan outlet KFC yang ke 300 di Cireundeu pada bulan Oktober 2007, bertepatan pada bulan yang sama ulang tahun KFC Indonesia yang ke 28. Perseroan mengakhiri tahun 2007 dengan total 307 outlet termasuk mobile catering, yang tersebar di 78 kota di seluruh Indonesia, mempekerjakan total 11.835 karyawan dengan hasil penjualan tahunan di atas Rp. 1,590 triliun.
Produk unggulan Perseroan, Colonel’s Original Recipe dan Hot & Crispy, tetap merupakan ayam goreng paling lezat berdasarkan berbagai survei konsumen di Indonesia. Sebagai produk unggulan lainnya, dalam beberapa tahun ini Perseroan juga menawarkan Colonel Burger, Crispy Strips, Twister, dan yang baru-baru ini diluncurkan, Colonel Yakiniku. Selain produk-produk unggulan ini, KFC juga memenuhi selera lokal dengan menu pilihan lain seperti Perkedel, Nasi, Salad, dan Sup KFC. Untuk memberikan produk bernilai tambah kepada konsumen, berbagai menu kombinasi hemat dan bermutu seperti Super Panas dan KFC Attack terus ditawarkan. Perseroan juga meluncurkan ‘Goceng’, yakni beberapa varian menu seharga Rp. 5.000, untuk semakin menghadirkan penawaran bernilai tambah kepada konsumen dan memberikan sesuatu yang berbeda dari merek KFC.
Perseroan senantiasa memonitor posisi pasar dan nilai KFC secara keseluruhan, mengevaluasi berbagai masukan dari konsumen untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan fasilitas yang tersedia di KFC. Semua informasi ini diperoleh melalui survei rutin yang disebut Brand Image Tracking Study (BITS) dan CHAMPS Management System (CMS), yang dilakukan oleh perusahaan survei independen. BITS adalah survei untuk mengetahui persepsi konsumen dan brand image KFC sebagai acuan dari merek utama lainnya di bisnis restoran cepat saji. Hasil dari BITS menunjukkan bahwa KFC secara konsisten masih menempati posisi tertinggi di benak konsumen untuk ‘Top of Mind Awareness’, dibandingkan dengan merek utama lainnya. CMS adalah survei untuk menilai langsung kualitas produk, layanan, dan fasilitas yang tersedia di KFC, dibandingkan dengan yang diharapkan. 
Kinerja Perseroan dalam pertumbuhan penjualan same store menjadikannya salah satu KFC franchise market terbaik di Asia dengan pertumbuhan rata-rata 8,5% pada tahun 2007 dan akan terus mempertahankan posisi ini. Pengembangan merek yang kontinu melalui strategi pemasaran yang inovatif, keunggulan operasional, dan pertumbuhan dua digit yang konsisten dalam penjualan dan pengembangan restoran, telah menganugrahi Perseroan berbagai penghargaan dari Asia Franchise Business Unit  dari Yum! Restaurants International.
Perseroan berkomitmen tinggi untuk mempertahankan visi kepemimpinan dalam industri restoran cepat saji, dengan terus memberikan kepuasan ‘Yum!’ di wajah konsumen. Dukungan dari para pemegang saham, keahlian manajemen yang terbina baik, dedikasi dan loyalitas karyawan, dan yang terpenting adalah kontinuitas kunjungan konsumen, memastikan Perseroan dapat mencapai visi ini. Perseroan percaya bahwa dengan menciptakan dan mengembangkan budaya yang mendalam dan kuat dimana setiap karyawan memberikan perbedaan, menghidupkan ‘Customer and Sales Mania’ di restoran-restoran KFC, memberikan perbedaan merek KFC yang sangat kompetitif, menjalin kesinambungan proses dan hubungan antar karyawan, dan meraih hasil-hasil yang konsisten, akan secara pasti membangun KFC bukan saja menjadi merek yang paling digemari di Indonesia, juga KFC sebagai sebuah perusahaan yang hebat.

 KESIMPULAN : 
Dari penjelasan diatas, Franchise itu merupakan duplikasi bisnis yang telah sukses, sehingga bagi mereka yang akan membeli bisnis franchise tidak perlu lagi bersusah payah menjalankan bisnis ini dari awal dan tidak perlu harus jatuh bangun untuk memulai bisnis ini. Mereka hanya menjalankan sistem yang telah berjalan tinggal start up langsung meneruskan bisnis  yang  memang telah teruji keberhasilannya. sebagai contoh yaitu usaha KFC ini yang merupakan usaha franchise yang sudah mengalami kesuksesan dan sudah terkenal dikalangan masyarakat di Internasional termasuk Indoneisa. 
KEUNTUNGAN DARI USAHA FRANCHISING

  • Percepatan perluasan usaha, dengan modal relatif rendah
  • Efisiensi dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
  • Terbentuknya kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
  • Menggantikan kebutuhan personel Franchisor dengan para operator milik Franchisee (slim organization)
  • Pemilik outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi dan keuntungan usaha
 KERUGIAN DARI USAHA FRINCHISING
Kewenangan outlet di tangan Franchisee (kalau terlalu banyak ide merepotkan Franchisor)
Perlu perubahan paradigma (paradigm shift) atas materi yang dijual
Untuk membentuk sistem yang baku, perlu adanya proses yang lebih birokratis

DAMPAK POSITIF DARI FRANCHISING BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA
Dampak positifnya yaitu dengan adanya sistem franchising ini makin luasnya peluang lapangan kerja, dan dengan begitu setidaknya dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di indonesia. serta membuka peluang bisnis bagi para masyarakat yang ingin membuka bisnis dengan modal relatif rendah.
DAMPAK NEGATIF DARI FRANCHISING BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA
Banyak para pedagang kecil yang "gulung tikar" karena usahanya tidak laku akibat dari kalah bersaing dengan perusahaan waralaba tersebut.

Sabtu, 19 November 2011

TULISAN 1

Cara membangun perusahaan ada 3, yaitu : 

1.                   Membeli perusahaan yang telah dibangun
2.          Memulai perusahaan baru 
3.          Membeli hak lisensi (waralaba/franchising)

1.      Membeli perusahaan yang telah dibangun

Beberapa pengusaha yang ingin memulai usahanya ada yang memilih membeli perusahaan yang telah dibangun. Karena sebagian dari pengusaha tersebut berpikir bahwa dengan membeli perusahaan yang telah ada, dapat memudahkan mereka dalam berusaha/berbisnis. Banyak factor seperti, lokasi perusahaan yang telah dibangun sangat strategis dan bisnis yang sudah menguasai pasar, pemilik baru dapat memanfaatkan pengalaman dari pemilik lama, perusahaan yang sudah sukses dapat terus sukses, karyawan dan pemasok sudah ada, peralatan telah terpasang dan kapasitas produktif telah diketahui, persediaan sudah tersedia dan fasilitas pembelian kredit sudah ada, pemilik baru dapat langsung menjalankan perusahaannya. Tapi dengan membeli perusahaan yang telah dibangun/sudah ada belum tentu membawa keuntungan bagi si pemilik baru. Bisa saja perusahaan yang telah dibangun yang dibeli tidak sehebat yang dibayangkan. Misalnya, harga perusahaan yang terlalu mahal, pemilik lama telah menciptakan citra buruk, perubahan dan inovasi perusahaan yang sulit diterapkan, dan hal ini menyebabkan kerugian. Seorang wirausahawan harus penuh ketelitian dan dengan proses yang benar bila ingin membeli perusahaan yang telah ada untuk meminimalisir kerugian yang mungkin akan di dapat, atau bahkan menghindari kerugian. Dengan proses due diligence (penyelidikan yang mendalam) yang dilakukan dengan cara menganalisis dan mengevaluasi perusahaan memerlukan waktu yang sama dengan pengembangan rencana perusahaan menyeluruh untuk perusahaan yang baru berdiri. Meneliti suatu perusahaan untuk menemukan kondisi dan nilai sesungguhnya akan membutuhkan waktu, dedikasi dan seperti sebutannya, kehati-hatian, tetapi proses tersebut berharga karena dapat mencegah seorang wirausahawan membeli perusahaan yang ditakdirkan untuk gagal. Ketika mempertimbangkan untuk membeli suatu perusahaan, aturan pertamanya adalah “ Jangan tergesa-gesa mengikat perjanjian”. Mengambil jalan pintas ketika menyelidiki suatu perusahaan yang akan diakuisisi hampir selalu mengarah pada kejutan yang tidak menyenangkan.
Contoh perusahaan : COCA COLA, STARBUCKS

Sumber :


2.      Memulai perusahaan baru

Setiap orang yang ingin memulai usaha baru syaratnya hanya satu adalah mempunyai sebuah mimpi. Mimpi dapat memiliki perusahaan sendiri. Karena dari mimpi, mungkin saja timbul gagasan-gagasan atau ide-ide yang luar biasa dan akhirnya menciptakan peluang bisnis baru yang menguntungkan. Dengan modal gagasan atau ide bisnis dari sebuah mimpi yang besar yang dimiliki, langkah selanjutnya dalam memulai suatu usaha baru adalah sebagai berikut :
-          Tentukan gagasan bisnis yang akan dikembangkan
Untuk memulai suatu usaha bisnis baru harus melihat dari kemampuan yang dimiliki, minat atau bakat yang dimiliki tanpa melupakan factor peluang pasar di masyarakat luas agar mempermudah segala usaha yang akan dicoba. Banyak pengusaha-pengusaha sukses dengan bisnis mereka, karena mereka memilih bidang bisnis yang mereka sukai, sehingga mereka lebih ingin dan terus mengembangkan usaha mereka. Ada juga pengusaha yang terbilang unik, yaitu memilih usaha bisnis yang jarang atau belum pernah ada di pasaran, atau pun membuka usaha yang telah banyak di pasaran tapi tetap melihat kepada peluang pasar yang masih besar.
-          Buatlah visi dan misi usaha\
Agar tujuan usaha dan langkah usaha dapat terkonsep dengan baik, sebuah usaha harus memiliki visi dan misi yang baik, untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun. Sekecil apapun usaha yang telah dilakukan, pasti akan mempengaruhi kinerja yang diperoleh bagi perusahaan.
-          Action
Gagasan atau ide bisnis yang dimiliki jangan hanya dipikirkan saja, tapi harus segera dilaksanakan dengan penuh ketekunan, keyakinan, agar rencana memulai perusahaan baru berjalan dengan terkonsep. Karena setiap usaha membutuhkan perjuangan dan kerja keras.
-          Selalu belajar dan lakukan pengamatan
Sebagai pengusaha baru yang baru memulai usaha, harus mau belajar dari pengusaha yang lebih berpengalaman di bidang bisnis yang sama, dan melakukan pengamatan strategi yang mereka lakukan. Dan juga perdalam pengetahuan agar bisnis berjalan lancear, dan inovatif dalam melakukan perubahan.
-          Hadapi, hayati serta nikmati hambatan atau kegagalan
Setiap usaha tidak selalu menghasilkan hasil yang diinginkan, sebaiknya sebagai seorang pengusaha terutama pengusaha baru harus selalu berpikir positif di setiap tantangan dan hambatan dalam berbisnis. Oleh karena itu, hadapi, hayati serta nikmati hambatan usaha karena akan menguatkan mental usaha kita dan menambah kemampuan kita dalam membangun usaha.
Contoh perusahaan : PT Global Sejahtera, Clarion Indonesia, PT Jatiwarna Gas Utama



3.      Membeli hak lisensi (waralaba/franchising)

Franchise atau waralaba adalah sebuah pemberian lisensi oleh suatu pihak (perorangan atau perusahaan) sebagai pemberi franchise, kepada pihak lain sebagai penerima franchise, untuk berusaha dengan menggunakan merk dagang dengan menggunakan keseluruhan sistem bisnisnya. Pemberi franchise disebut franchisor, dan penerima franchise disebut franchisee. Franchise sendiri merupakan sebuah bentuk strategi usaha yang bertujuan untuk memperlebar jangkauan usaha dalam meningkatkan pangsa pasar dan penjualan. Si pemilik franchise (trade mark) melisensikan merk tersebut kepada pihak lain untuk menggunakannya dalam menjual barang dan jasa. Bisnis usaha ini merupakan pilihan berwirausaha dan berekspansi dengan resiko lebih kecil. Secara umum franchise merupakan jalan keluar alternative yang relative aman bagi calon pengusaha baru yang ingin terjun memiliki bisnis sendiri. Langkah awal dalam proses pembelian hak franchise adalah memilih konsep bisnis yang berada dalam kemampuan financial, serta yang sesuai dengan pendidikan, kemampuan, minat atau bakat, dan gaya hidup. Selanjutnya calon pengusaha harus melihat peluang yang ditawarkan franchisor, dan memutuskan apakah yang ditawarkan franchisor menguntungkan atau tidak. Kemudian membeli franchise dari perusahaan tersebut dengan membayar sejumlah biaya yang disebut initial fee atau franchise fee. Sebagai imbalannya yaitu mendapatkan hak untuk berdagang di bawah dan sistem yang sama, pelatihan, serta berbagai keuntungan lainnya. Format bisnis franchise harus menguntungkan bagi kedua pihak, dimana franchise bertugas memikirkan cara-cara memaksimalkan penjualan dan keuntungan di outletnya sendiri. Sedangkan franchisor berkonsentrasi menjaga nilai kompetitif produknya, dan mendukung franchisee untuk memusatkan upayanya secara efektif.
Contoh perusahaan : Cipaganti Car, J.CO DONUTS & COFFEE, PAPA RON'S PIZZA
Sumber :