Global and Regional Marketing
Pemasaran global "pemasaran
pada rekonsiliasi skala dunia atau mengambil keuntungan komersial global
perbedaan operasional, kesamaan dan kesempatan untuk memenuhi tujuan
global"
Kompetisi
di seluruh dunia
Salah satu kategori
produk di mana persaingan global telah mudah untuk melacak di USIS penjualan
otomotif. Meningkatnya intensitas persaingan di pasar global merupakan
tantangan yang dihadapi perusahaan pada semua tahap keterlibatan dalam pasar
internasional. Sebagai pasar terbuka, dan menjadi lebih terintegrasi, laju
perubahan mempercepat, teknologi menyusut jarak antara pasar dan mengurangi
keuntungan skala perusahaan besar, sumber-sumber baru kompetisi muncul, dan
tekanan kompetitif meningkat di semua tingkat organisasi. Juga, ancaman
persaingan dari perusahaan di negara-negara seperti India, Cina, Malaysia, dan
Brasil terus meningkat, karena pasar mereka sendiri domestik membuka diri
terhadap persaingan asing, merangsang kesadaran yang lebih besar dari peluang
pasar internasional dan kebutuhan untuk menjadi internasional yang kompetitif.
Perusahaan yang sebelumnya difokuskan pada pasar domestik yang dilindungi masuk
ke pasar di negara-negara lain, menciptakan sumber-sumber baru kompetisi,
sering ditargetkan untuk segmen pasar harga-sensitif.
Tidak hanya persaingan
yang ketat untuk semua perusahaan terlepas dari tingkat keterlibatan mereka
pasar global, tetapi dasar untuk kompetisi berubah. Persaingan terus menjadi
berbasis pasar dan akhirnya bergantung pada memberikan nilai superior kepada
konsumen. Namun, keberhasilan di pasar global tergantung pada akumulasi
pengetahuan dan penyebaran. Semakin banyak perusahaan pemasaran mengkhususkan
diri dalam menerjemahkan produk dari satu negara ke negara lain.
Evolusi
untuk pemasaran global
Pergeseran pemasaran
global yang tidak revolusioner, itu adalah proses evolusi. Sedangkan berikut
tidak berlaku untuk semua perusahaan, itu tidak berlaku untuk sebagian besar
perusahaan yang dimulai sebagai perusahaan domestik saja. Pemasaran
internasional telah meningkat dan jelas untuk sekitar hampir semua aspek
kehidupan sehari-hari konsumen. Daerah setempat atau batas-batas nasional tidak
lagi terbatas pada kekuatan kompetitif. Untuk menjadi sukses dalam perekonomian
global saat ini, itu adalah suatu keharusan bagi perusahaan untuk secara
bersamaan responsif terhadap lokal serta kondisi pasar global dan berbagai
aspek yang terkait dengan proses pemasaran internasional. Oleh karena itu,
keterampilan pemasaran internasional merupakan unsur penting bagi setiap perusahaan,
apakah atau tidak saat ini terlibat dalam mengekspor kegiatan untuk dukungan
dari merek atau perusahaan. Pasar internasionalisasi telah berubah sangat cepat
dalam beberapa tahun terakhir oleh pergeseran teknik perdagangan, standar dan
praktek. Perubahan ini telah diperkuat dan dipertahankan oleh teknologi baru
dan berkembang hubungan ekonomi antara perusahaan dan organisasi yang bekerja
untuk perdagangan di seluruh dunia. Pekerjaan proyek tugas ini hanya upaya
untuk mendapatkan mengintegrasikan perkembangan ini dan upaya di bidang
jurnalisme pasar menjadi pustaka yang berkembang tentang proses pemasaran
internasional serta temuan penelitian terbaru pada pemasaran Internasional.
Pemasaran
dalam negeri
Sebuah pemasaran
terbatas pada batas-batas politik suatu negara disebut 'Pemasaran Domestik'.
Sebuah perusahaan pemasaran hanya dalam batas-batas nasional hanya harus
mempertimbangkan kompetisi domestik. Bahkan jika kompetisi yang mencakup
perusahaan dari pasar luar negeri, masih hanya harus fokus pada kompetisi yang
ada di pasar dalam negeri. Produk dan layanan yang dikembangkan untuk pelanggan
di pasar rumah tanpa memikirkan bagaimana produk atau layanan dapat digunakan
di pasar lain. Semua keputusan pemasaran dibuat di kantor pusat.
Hambatan terbesar
pemasar ini menghadapi sedang mengejutkan oleh muncul pemasar global. Karena
pemasar domestik umumnya tidak fokus pada perubahan di pasar global, mereka
mungkin tidak menyadari pesaing potensial yang merupakan pemimpin pasar di tiga
benua sampai mereka sekaligus membuka 20 toko di Timur Laut Amerika Serikat
pemasar ini dapat dianggap etnosentris karena mereka yang paling prihatin
dengan bagaimana mereka dirasakan di negara asal mereka.
Pasar domestik adalah
pasar besar yang membutuhkan setiap bangsa. Pasar ini semua dibatasi untuk
berada di bawah kendali batas tertentu dalam perusahaan atau negara. Jenis
pemasaran adalah jenis pemasaran yang terjadi di kantor pusat. Di pasar
domestik membantu mengurangi biaya kompetisi. Dengan mengurangi persaingan
perusahaan memiliki tembakan yang lebih baik menjadi lebih sukses dalam jangka
panjang. Juga jika kompetisi perusahaan bukan merupakan faktor besar yang akan
mempengaruhi bisnis mereka, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk membuat
harga lebih tinggi dan orang-orang masih akan membeli produk tersebut.
Pemasaran
internasional
Pemasaran internasional
adalah ekspor, waralaba, usaha patungan atau masuk langsung penuh dari
organisasi pemasaran ke negara lain. Hal ini dapat dicapai dengan mengekspor
produk perusahaan ke lokasi lain, masuk melalui usaha patungan dengan
perusahaan lain di negara target, atau investasi asing langsung ke negara
tujuan. Perkembangan dari bauran pemasaran untuk negara yang kemudian
diperlukan - pemasaran internasional. Hal ini dapat sesederhana menggunakan
strategi pemasaran yang ada, mencampur dan alat untuk ekspor di satu sisi,
untuk strategi hubungan yang sangat kompleks termasuk lokalisasi, penawaran
produk lokal, harga, produksi dan distribusi dengan promosi disesuaikan,
menawarkan, website, media sosial dan kepemimpinan. Internasionalisasi dan
pemasaran internasional memenuhi kebutuhan yang dipilih negara-negara asing di
mana nilai perusahaan dapat diekspor dan ada antar-perusahaan dan pembelajaran
perusahaan, optimasi dan efisiensi dalam skala ekonomi dan ruang lingkup.
Pemasaran
global
Pemasaran global adalah
kemampuan perusahaan untuk memasarkan ke hampir semua negara di planet ini.
Dengan jangkauan yang luas, kebutuhan untuk produk atau jasa suatu perusahaan
didirikan. Perusahaan global yang mempertahankan kemampuan, jangkauan,
pengetahuan, staf, keterampilan, wawasan, dan keahlian untuk memberikan nilai
kepada pelanggan di seluruh dunia. Perusahaan memahami kebutuhan pelanggan
layanan lokal dengan solusi standar global atau produk, dan melokalisasi bahwa
produk yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan optimal dari biaya,
efisiensi, kustomisasi dan lokalisasi dalam kontinum kontrol kustomisasi terbaik
untuk memenuhi kebutuhan lokal, nasional dan global memposisikan diri terhadap
atau dengan pesaing, mitra, aliansi, pengganti dan membela terhadap pendatang
pasar global dan lokal baru per negara, wilayah atau kota. Perusahaan akan
harga produknya tepat di seluruh dunia, nasional dan lokal, dan mempromosikan,
memberikan akses dan informasi kepada pelanggan dengan cara yang paling hemat
biaya. Perusahaan juga perlu memahami, penelitian, mengukur dan mengembangkan
loyalitas merek dan ekuitas merek global (tetap pada merek) untuk jangka
panjang.
Selanjutnya,
pengembangan identitas merek global adalah proses membangun merek produk,
perusahaan, dan layanan lokal dan di seluruh dunia dengan pertimbangan untuk
lingkup, atribut produk, kualitas / nilai, menggunakan, pengguna dan negara
asal; atribut organisasi (lokal vs global); atribut kepribadian (asli, energik,
kasar, elegan) dan hubungan dengan pelanggan merek (teman, penasehat,
influencer, sumber terpercaya); dan penting simbol, merek dagang metafora,
citra, suasana hati, fotografi dan warisan merek perusahaan. Dalam membangun
merek global, proposisi merek (manfaat fungsional, manfaat emosional dan
manfaat diri ekspresif diidentifikasi, lokal dan efisien untuk konsisten dengan
titik lokal, nasional, internasional dan global pandang. Merek dikembangkan
kebutuhan untuk menjadi kredibel.
Spesialisasi
pemasaran global
Pemasaran global adalah
bidang studi dalam manajemen bisnis umum untuk menyediakan produk berharga,
solusi dan layanan kepada pelanggan lokal, nasional, internasional dan seluruh
dunia.
Elemen
dari pemasaran global
Tidak hanya pendekatan
pemasaran standar, strategi, taktik dan proses menerapkan, pemasaran global
memerlukan pemahaman keuangan global, operasi global dan distribusi, hubungan
pemerintah, manajemen sumber daya manusia global dan alokasi sumber daya,
pengembangan dan pengelolaan teknologi didistribusikan, logika bisnis global,
antar perusahaan dan global daya saing, ekspor, usaha patungan, investasi
langsung asing dan manajemen risiko global.
Standar "Empat
P" pemasaran: produk, harga, penempatan, dan promosi semua dipengaruhi
sebagai perusahaan bergerak melalui lima tahap evolusi untuk menjadi perusahaan
global. Pada akhirnya, di tingkat pemasaran global, perusahaan berusaha untuk
berbicara dengan satu suara menghadapi banyak tantangan saat membuat rencana
pemasaran di seluruh dunia. Kecuali sebuah perusahaan memegang posisi yang sama
terhadap kompetisi di semua pasar (market leader, biaya rendah, dll) tidak
mungkin untuk memulai rencana pemasaran identik di seluruh dunia. Nisant
Chakram (Manajemen Pemasaran)
v Produk
Sebuah perusahaan global adalah
salah satu yang dapat membuat satu produk dan hanya perlu men-tweak elemen
untuk pasar yang berbed.
v Harga
Harga akan selalu bervariasi dari
pasar ke pasar. Harga dipengaruhi oleh banyak variabel: biaya pengembangan
produk (yang diproduksi secara lokal atau impor), biaya bahan, biaya pengiriman
(transportasi, tarif, dll), dan masih banyak lagi. Selain itu, posisi produk
dalam kaitannya dengan membantu menentukan titik harga.
v Penempatan
Bagaimana produk tersebut
didistribusikan juga merupakan negara-oleh-negara keputusan dipengaruhi oleh
bagaimana kompetisi sedang ditawarkan kepada target pasar.
v Promosi
Setelah
penelitian produk, pengembangan dan penciptaan, promosi (iklan khusus) umumnya
item baris terbesar dalam anggaran pemasaran perusahaan global.
Keuntungan
Keuntungan dari pasar global termasuk:
1.
Skala ekonomi dalam produksi dan
distribusi
2.
Biaya pemasaran yang lebih rendah
3.
Kekuasaan dan ruang lingkup
4.
Konsistensi dalam citra merek
5.
Kemampuan untuk memanfaatkan ide-ide
yang baik dengan cepat dan efisien
6.
Keseragaman praktik pemasaran
7.
Membantu untuk membangun hubungan di
luar "arena politik"
Kekurangan
1.
Perbedaan kebutuhan konsumen, keinginan,
dan pola penggunaan produk
2.
Perbedaan respon konsumen untuk elemen
bauran pemasaran
3.
Perbedaan dalam merek dan pengembangan
produk dan lingkungan yang kompetitif
4.
Perbedaan dalam lingkungan hukum,
beberapa di antaranya mungkin bertentangan dengan orang-orang dari pasar dalam
negeri
5.
Perbedaan dalam lembaga yang tersedia,
beberapa di antaranya mungkin panggilan untuk penciptaan yang sama sekali baru
(misalnya infrastruktur)
6.
Perbedaan prosedur administrasi
7.
Perbedaan penempatan produk.
8.
Perbedaan dalam prosedur administrasi
dan penempatan produk dapat terjadi.
7 rekomendasi untuk strategi
pemasaran global yang seimbang
Mengapa teori pemasaran global sering
berbeda dari realitas?
Di atas kertas,
pemasaran global tidak diragukan lagi sebuah konsep besar. Ide memanfaatkan
strategi pemasaran di beberapa pasar tampaknya selain menguntungkan, menghemat
tenaga dan sumber daya dan memastikan tingkat tinggi konsistensi antara semua
di-pasar branding dan kegiatan.
Namun, pertanyaannya
apakah cara kerja pemasaran global adalah topik pembicaraan yang sering di
antara pemasar dan konsep sumber daya global yang dipimpin pemasaran yang
selalu di pandang secara tidak pasti.
Jadi, bagaimana Anda membuat pekerjaan
pemasaran global?
Menghentikan
Buaian
Departemen
pemasaran, terutama di perusahaan besar, tampaknya mengikuti gerakan buaian
yang sama. Kadang-kadang tim sentral / pusat dibentuk untuk mengawasi semua
wilayah; di lain waktu tim-tim yang sama mengembangkan sesuatu yang tidak
begitu efisien di pasar global menjadi komponen regional atau lokal,
masing-masing fokus pada pasar tertentu.
Pemasaran global
memang bisa bekerja, mendorong sinergi dan skala ekonomi sementara melestarikan
kebutuhan lokal spesifik dan pertimbangan budaya. Namun, seperti kebanyakan
pendekatan pemasaran, kunci sukses adalah pendekatan yang seimbang. Tidak semua
kegiatan pemasaran dapat atau harus didorong dari pusat.
Berikut adalah beberapa tips untuk
pendekatan pemasaran global yang seimbang dan sukses :
1. Tentukan
apa yang harus dorong secara global dan apa yang dikelola secara local
Pendekatan pemasaran global tidak berarti tidak
adanya rencana khusus-pasar lokal dan inisiatif. Kedua pendekatan ini harus ada pada sebuah
perusahaan dan pada kenyataannya, pendekatan ini saling melengkapi. Pemasaran
global biasanya akan menetapkan kerangka kerja dan parameter di mana pemasaran
lokal beroperasi, sementara itu memberikan tim pemasaran kebebasan untuk mengontrol
kesuksesan pada pasar lokal ( mengontrol
pasar lokal ).
Beberapa daerah pemasaran yang menawarkan diri untuk
memimpin di tingkat global atau pusat termasuk branding dan merek merka yang di
jadikan pedoman, perencanaan pemasaran strategis dan penganggaran (dengan
otonomi yang diberikan kepada pasar dalam anggaran mereka yang dialokasikan), kampanye pemasaran
besar-besaran, strategi media social, strategi penelitian, dan PR global. Dalam
prakteknya, hal ini mungkin berguna untuk membagi pasar ke dalam tingkatan.
Pasar berjenjang akan membantu untuk mengidentifikasi
wilayah yang mungkin mendorong kembali potensi tertinggi. Hal ini juga
memungkinkan pasar tingkat atas untuk mengakses anggaran yang lebih besar,
memberi mereka otonomi misalnya, penelitian perilaku pengguna lokal untuk
menginformasikan pengembangan produk. Daerah global dan lokal mungkin berbeda
dari perusahaan ke perusahaan. Namun, sangat penting untuk menentukan daerah
jelas yang akan di tuju sebagai sasaran pemasaran, untuk menghindari gesekan
dan inefisiensi.
2. Memahami
kebutuhan pasar lokal dan mengembangkan pendekatan kolaboratif
Terlalu sering beroperasi secara
global dipandang sebagai alasan untuk menghindari menghabiskan waktu memahami
budaya lokal, kebutuhan dan perilaku pelanggan, serta pendekatan pemasaran yang
sukses dan kurang sukses. Namun, jelas bahwa pelanggan yang berbasis di AS
mungkin akan sangat berbeda dari pelanggan terletak di India atau SEA. Hidup
mereka, budaya, dan kebutuhan yang berbeda, sehingga sangat memungkinkan mereka
akan berinteraksi sangat berbeda dengan produk atau jasa. Secara model global
untuk bekerja, tim global perlu mengembangkan pemahaman tentang pasar lokal dan
membangun hubungan yang erat dengan tim pemasaran local.
Inisiatif secara
global harus didefinisikan dan faktor dalam tingkat fleksibilitas harus di
rencanakan untuk memenuhi perbedaan budaya. Sebuah komunitas bertemu, persaingan
media sosial, atau berburu kampanye mungkin akan menimbulkan pengaruh dengan
baik dengan beberapa pasar.
Melakukan penelitian
pasar dan mengambil waktu untuk mengenal tim internasional secara lebih baik
akan membuat mereka berkerja dengan baik. Mempercayai mereka untuk menjadi ahli
pada adat istiadat setempat dan customer dan memanfaatkan pengetahuan mereka
untuk membuat rencana global Anda dan kampanye sukses.
3. Mengembangkan
dan mensosialisasikan rencana pemasaran global awal (mencari umpan balik)
Jadi, jika kita
telah menjalin hubungan kunci, meneliti pasar lokal, dan menyelenggarakan
program pemasaran global yang akan kita pikirkan adalah untuk mengakomodasi
kebutuhan lokal di mana diperlukan. Itu awal yang baik, tapi jangan menunggu
kampanye untuk mulai memvalidasi asumsi Anda. Socialise rencana ini dengan tim
internasional Anda sesegera mungkin, mencari umpan balik mereka dan memastikan
bahwa tidak ada masalah hukum untuk mencegah rencana Anda bekerja di pasar
tertentu.
Pendekatan
proaktif juga akan memberi Anda waktu untuk menyesuaikan dan merevisi rencana
Anda dalam hal masalah. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan
dukungan dari rekan-rekan lokal Anda.
4. Mengelola
kampanye seperti operasi militer yang berncana untuk melakukan penyerangan
Selama waktu untuk
kampanye Anda untuk melakukan pendekatan, ada beberapa elemen kunci untuk
mempertimbangkan anda dalam meraih kesuksesan; dimulai dengan perencanaan
proyek yang luar biasa.
Menunjuk manajer
kampanye global - dengan tanggung jawab untuk semua komunikasi dan koordinasi
seluruh kampanye. Pastikan / akuntabilitas secara keseluruhan nya dipahami oleh
semua. Gagal melakukan hal ini akan mengakibatkan kesalahpahaman dalam jalur komunikasi.
Pastikan rencana
tenggat waktu, tanggung jawab dan kiriman yang jelas untuk semua orang yang
terlibat. Rencana peluncuran resmi kampanye pada waktu dan tanggal yang bekerja
untuk semua negara dalam kampanye. Dan pada setiap langkah untuk mendapatkan
semua pihak dan memastikan kapan kiriman telah selesai sehingga Anda dapat
tetap di atas proyek di tingkat global.
Pertimbangkan
zona waktu - jadwal Anda harus mencerminkan semua bahan yang relevan siap
secara bersamaan di semua pasar. Dan jangan lupa untuk faktor dalam waktu untuk
penerjemahan, lokalisasi, ulasan dan iterasi. Berkomunikasi - rencana, kiriman
dan seluruh saluran yang berbeda dan beberapa kali. Menyentuh pasar di negara tim pesaing dan mendapatkan kolega dengan
baik secara teratur akan memberikan dukungan dan saran dan untuk tetap di atas
kampanye sesuai dengan budaya pada daerah setempat / daerah yang di tuju.
5. Pastikan
Anda melacak dan menyesuaikan secara real time
Menjalankan
kampanye di beberapa pasar berarti Anda harus sangat disiplin mengenai hasil
pelacakan. Manajer kampanye adalah orang yang baik untuk mengkoordinasikan ini.
Berikut adalah beberapa saran:
·
Mendefinisikan metrik dan tujuan utama
pada awal kampanye baik di tingkat pasar global. Dapatkan dukungan dari tim di
pasar pada target tersebut. Bagi metrik ini awal dan berbagi mereka semua.
·
Melihat bagaimana setiap pasar
memberikan kontribusi bagi keberhasilan keseluruhan kampanye mungkin membantu
mendorong sedikit persaingan yang sehat!
·
Simpanlah hasil – hasil metric pemasaran
tersebut secara terpusat di mana metrik pasar diperbarui setiap minggu / hari /
setiap frekuensi lain yang relevan.
·
Metrik Ulasan mingguan dengan tim,
sebaiknya pada panggilan atau panggilan video, dan mengambil tindakan untuk
mengatasi bawah performa. Diskusi ini harus aktif dan bersemangat, sehingga
semua tim lokal dapat berkontribusi dengan baik. Ini juga merupakan kesempatan
yang baik untuk meningkatkan praktik terbaik di pasar.
6. Konsolidasi
dan berbagi wawasan
Setelah kampanye
berakhir, pastikan Anda mengkonsolidasikan wawasan yang diperoleh. Diskusikan
apa yang berhasil, apa yang tidak; yang memasarkan kampanye paling sukses dan
mengapa. Pembelajaran ini akan sangat berharga dalam perencanaan aktivitas di
masa depan.
7. Berkomunikasi
Komunikasi yang
efektif sangat penting setiap saat, tidak hanya ketika menjalankan kampanye. Berada
di peran pemasaran global mau tidak mau berarti Anda akan bekerja dengan
rekan-rekan di seluruh dunia; kebanyakan akan duduk ribuan mil jauhnya dari
Anda. Dalam keadaan seperti ini sangat mudah untuk merasa terputus ( komunikasi
).
Sebuah elemen
penting yang membuat pekerjaan pemasaran global adalah hubungan Anda membangun
dengan di pasar tim. Saluran komunikasi terbuka sangat penting dalam
mengembangkan kepercayaan dan memelihara hubungan ini. Regular (video) panggilan
adalah cara yang bagus untuk menjaga tim up-to-date
dengan rencana global terbaru dan perubahan, serta belajar tentang perkembangan
terbaru dalam kompetitif pasar, atau untuk mendiskusikan ide-ide kampanye baru.
Zona waktu akan
membuat ini menjadi sebuah tantangan, tetapi bila kita dapat bekerja dengan
baik dengan zona wakktu tersebut, maka itu tidak akan menjadi sebuah masalah
dan hasil kerja keras kita akan terbayarkan. Menciptakan kohesi dalam tim akan
pergi jauh dalam mendorong keberhasilan Anda bergabung.
Menuai
keuntungan dari operasi global
Pemasaran global
membutuhkan beberapa usaha atau kerja keras untuk dapat bekerja dengan baik,
tetapi juga memiliki sejumlah manfaat. Paling jelas, memastikan strategi
pemasaran Anda diterapkan secara konsisten (tapi cerdas) di wilayah dan
memungkinkan Anda untuk beroperasi secara lebih efisien melalui skala ekonomi. Di
luar ini, salah satu manfaat terbesar dari operasi global dengan kehadiran
lokal adalah kesempatan yang disediakan untuk mengembangkan pemahaman yang
lebih dalam pasar di mana perusahaan Anda beroperasi dan potensi mereka. Hal
ini memungkinkan Anda untuk memprioritaskan dan mengoptimalkan usaha Anda dan
anggaran secara efektif.
Dan yang terakhir yang
tidak kalah pentingnya adalah, memberikan Anda banyak wilayah untuk belajar dan
mendapatkan pengalaman yang baik. Untuk setiap kampanye atau kegiatan Anda
menjalankan, Anda akan mengumpulkan umpan balik dan saran dari berbagai pasar.
Ini adalah wawasan yang sangat berharga Anda dapat memanfaatkan dengan
mengembangkan repositori praktek terbaik dan ide-ide yang akan membantu
mendorong kesuksesan jangka panjang Anda.
ΓΌ Sumber / Referensi :
http://www.oup.com/uk/booksites/content/0199267529/student/glossary.htm#G
Oxford University Press’ Glossary of Marketing Terms
RESPONDING TO THE CHALLENGES OF
GLOBAL MARKETS: CHANGE, COMPLEXITY, COMPETITION AND CONSCIENCE C. Samuel Craig;
Susan P. Douglas.www.vuw.ac.nz/~caplabtb/m302w07/CRAIG_DOUGLAS.DOC
http://www.amazon.com/China-Goes-West-Everything-Companies/dp/1137410124
Building Strong Brands, David
Aaker, E.T. Grether Professor of Marketing Strategy at the Haas School of
Business at the University of California at Berkeley