Laman

Selasa, 05 Mei 2015

Marketing Global Vs Regional

Global and Regional Marketing
Pemasaran global "pemasaran pada rekonsiliasi skala dunia atau mengambil keuntungan komersial global perbedaan operasional, kesamaan dan kesempatan untuk memenuhi tujuan global"

Kompetisi di seluruh dunia
Salah satu kategori produk di mana persaingan global telah mudah untuk melacak di USIS penjualan otomotif. Meningkatnya intensitas persaingan di pasar global merupakan tantangan yang dihadapi perusahaan pada semua tahap keterlibatan dalam pasar internasional. Sebagai pasar terbuka, dan menjadi lebih terintegrasi, laju perubahan mempercepat, teknologi menyusut jarak antara pasar dan mengurangi keuntungan skala perusahaan besar, sumber-sumber baru kompetisi muncul, dan tekanan kompetitif meningkat di semua tingkat organisasi. Juga, ancaman persaingan dari perusahaan di negara-negara seperti India, Cina, Malaysia, dan Brasil terus meningkat, karena pasar mereka sendiri domestik membuka diri terhadap persaingan asing, merangsang kesadaran yang lebih besar dari peluang pasar internasional dan kebutuhan untuk menjadi internasional yang kompetitif. Perusahaan yang sebelumnya difokuskan pada pasar domestik yang dilindungi masuk ke pasar di negara-negara lain, menciptakan sumber-sumber baru kompetisi, sering ditargetkan untuk segmen pasar harga-sensitif.
Tidak hanya persaingan yang ketat untuk semua perusahaan terlepas dari tingkat keterlibatan mereka pasar global, tetapi dasar untuk kompetisi berubah. Persaingan terus menjadi berbasis pasar dan akhirnya bergantung pada memberikan nilai superior kepada konsumen. Namun, keberhasilan di pasar global tergantung pada akumulasi pengetahuan dan penyebaran. Semakin banyak perusahaan pemasaran mengkhususkan diri dalam menerjemahkan produk dari satu negara ke negara lain.

Evolusi untuk pemasaran global
Pergeseran pemasaran global yang tidak revolusioner, itu adalah proses evolusi. Sedangkan berikut tidak berlaku untuk semua perusahaan, itu tidak berlaku untuk sebagian besar perusahaan yang dimulai sebagai perusahaan domestik saja. Pemasaran internasional telah meningkat dan jelas untuk sekitar hampir semua aspek kehidupan sehari-hari konsumen. Daerah setempat atau batas-batas nasional tidak lagi terbatas pada kekuatan kompetitif. Untuk menjadi sukses dalam perekonomian global saat ini, itu adalah suatu keharusan bagi perusahaan untuk secara bersamaan responsif terhadap lokal serta kondisi pasar global dan berbagai aspek yang terkait dengan proses pemasaran internasional. Oleh karena itu, keterampilan pemasaran internasional merupakan unsur penting bagi setiap perusahaan, apakah atau tidak saat ini terlibat dalam mengekspor kegiatan untuk dukungan dari merek atau perusahaan. Pasar internasionalisasi telah berubah sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir oleh pergeseran teknik perdagangan, standar dan praktek. Perubahan ini telah diperkuat dan dipertahankan oleh teknologi baru dan berkembang hubungan ekonomi antara perusahaan dan organisasi yang bekerja untuk perdagangan di seluruh dunia. Pekerjaan proyek tugas ini hanya upaya untuk mendapatkan mengintegrasikan perkembangan ini dan upaya di bidang jurnalisme pasar menjadi pustaka yang berkembang tentang proses pemasaran internasional serta temuan penelitian terbaru pada pemasaran Internasional.

Pemasaran dalam negeri
Sebuah pemasaran terbatas pada batas-batas politik suatu negara disebut 'Pemasaran Domestik'. Sebuah perusahaan pemasaran hanya dalam batas-batas nasional hanya harus mempertimbangkan kompetisi domestik. Bahkan jika kompetisi yang mencakup perusahaan dari pasar luar negeri, masih hanya harus fokus pada kompetisi yang ada di pasar dalam negeri. Produk dan layanan yang dikembangkan untuk pelanggan di pasar rumah tanpa memikirkan bagaimana produk atau layanan dapat digunakan di pasar lain. Semua keputusan pemasaran dibuat di kantor pusat.
Hambatan terbesar pemasar ini menghadapi sedang mengejutkan oleh muncul pemasar global. Karena pemasar domestik umumnya tidak fokus pada perubahan di pasar global, mereka mungkin tidak menyadari pesaing potensial yang merupakan pemimpin pasar di tiga benua sampai mereka sekaligus membuka 20 toko di Timur Laut Amerika Serikat pemasar ini dapat dianggap etnosentris karena mereka yang paling prihatin dengan bagaimana mereka dirasakan di negara asal mereka.
Pasar domestik adalah pasar besar yang membutuhkan setiap bangsa. Pasar ini semua dibatasi untuk berada di bawah kendali batas tertentu dalam perusahaan atau negara. Jenis pemasaran adalah jenis pemasaran yang terjadi di kantor pusat. Di pasar domestik membantu mengurangi biaya kompetisi. Dengan mengurangi persaingan perusahaan memiliki tembakan yang lebih baik menjadi lebih sukses dalam jangka panjang. Juga jika kompetisi perusahaan bukan merupakan faktor besar yang akan mempengaruhi bisnis mereka, mereka memiliki kesempatan yang baik untuk membuat harga lebih tinggi dan orang-orang masih akan membeli produk tersebut.

Pemasaran internasional
Pemasaran internasional adalah ekspor, waralaba, usaha patungan atau masuk langsung penuh dari organisasi pemasaran ke negara lain. Hal ini dapat dicapai dengan mengekspor produk perusahaan ke lokasi lain, masuk melalui usaha patungan dengan perusahaan lain di negara target, atau investasi asing langsung ke negara tujuan. Perkembangan dari bauran pemasaran untuk negara yang kemudian diperlukan - pemasaran internasional. Hal ini dapat sesederhana menggunakan strategi pemasaran yang ada, mencampur dan alat untuk ekspor di satu sisi, untuk strategi hubungan yang sangat kompleks termasuk lokalisasi, penawaran produk lokal, harga, produksi dan distribusi dengan promosi disesuaikan, menawarkan, website, media sosial dan kepemimpinan. Internasionalisasi dan pemasaran internasional memenuhi kebutuhan yang dipilih negara-negara asing di mana nilai perusahaan dapat diekspor dan ada antar-perusahaan dan pembelajaran perusahaan, optimasi dan efisiensi dalam skala ekonomi dan ruang lingkup.

Pemasaran global
Pemasaran global adalah kemampuan perusahaan untuk memasarkan ke hampir semua negara di planet ini. Dengan jangkauan yang luas, kebutuhan untuk produk atau jasa suatu perusahaan didirikan. Perusahaan global yang mempertahankan kemampuan, jangkauan, pengetahuan, staf, keterampilan, wawasan, dan keahlian untuk memberikan nilai kepada pelanggan di seluruh dunia. Perusahaan memahami kebutuhan pelanggan layanan lokal dengan solusi standar global atau produk, dan melokalisasi bahwa produk yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan optimal dari biaya, efisiensi, kustomisasi dan lokalisasi dalam kontinum kontrol kustomisasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan lokal, nasional dan global memposisikan diri terhadap atau dengan pesaing, mitra, aliansi, pengganti dan membela terhadap pendatang pasar global dan lokal baru per negara, wilayah atau kota. Perusahaan akan harga produknya tepat di seluruh dunia, nasional dan lokal, dan mempromosikan, memberikan akses dan informasi kepada pelanggan dengan cara yang paling hemat biaya. Perusahaan juga perlu memahami, penelitian, mengukur dan mengembangkan loyalitas merek dan ekuitas merek global (tetap pada merek) untuk jangka panjang.
Selanjutnya, pengembangan identitas merek global adalah proses membangun merek produk, perusahaan, dan layanan lokal dan di seluruh dunia dengan pertimbangan untuk lingkup, atribut produk, kualitas / nilai, menggunakan, pengguna dan negara asal; atribut organisasi (lokal vs global); atribut kepribadian (asli, energik, kasar, elegan) dan hubungan dengan pelanggan merek (teman, penasehat, influencer, sumber terpercaya); dan penting simbol, merek dagang metafora, citra, suasana hati, fotografi dan warisan merek perusahaan. Dalam membangun merek global, proposisi merek (manfaat fungsional, manfaat emosional dan manfaat diri ekspresif diidentifikasi, lokal dan efisien untuk konsisten dengan titik lokal, nasional, internasional dan global pandang. Merek dikembangkan kebutuhan untuk menjadi kredibel.

Spesialisasi pemasaran global
Pemasaran global adalah bidang studi dalam manajemen bisnis umum untuk menyediakan produk berharga, solusi dan layanan kepada pelanggan lokal, nasional, internasional dan seluruh dunia.

Elemen dari pemasaran global
Tidak hanya pendekatan pemasaran standar, strategi, taktik dan proses menerapkan, pemasaran global memerlukan pemahaman keuangan global, operasi global dan distribusi, hubungan pemerintah, manajemen sumber daya manusia global dan alokasi sumber daya, pengembangan dan pengelolaan teknologi didistribusikan, logika bisnis global, antar perusahaan dan global daya saing, ekspor, usaha patungan, investasi langsung asing dan manajemen risiko global.
Standar "Empat P" pemasaran: produk, harga, penempatan, dan promosi semua dipengaruhi sebagai perusahaan bergerak melalui lima tahap evolusi untuk menjadi perusahaan global. Pada akhirnya, di tingkat pemasaran global, perusahaan berusaha untuk berbicara dengan satu suara menghadapi banyak tantangan saat membuat rencana pemasaran di seluruh dunia. Kecuali sebuah perusahaan memegang posisi yang sama terhadap kompetisi di semua pasar (market leader, biaya rendah, dll) tidak mungkin untuk memulai rencana pemasaran identik di seluruh dunia. Nisant Chakram (Manajemen Pemasaran)

v  Produk
Sebuah perusahaan global adalah salah satu yang dapat membuat satu produk dan hanya perlu men-tweak elemen untuk pasar yang berbed.

v  Harga
Harga akan selalu bervariasi dari pasar ke pasar. Harga dipengaruhi oleh banyak variabel: biaya pengembangan produk (yang diproduksi secara lokal atau impor), biaya bahan, biaya pengiriman (transportasi, tarif, dll), dan masih banyak lagi. Selain itu, posisi produk dalam kaitannya dengan membantu menentukan titik harga.

v  Penempatan
Bagaimana produk tersebut didistribusikan juga merupakan negara-oleh-negara keputusan dipengaruhi oleh bagaimana kompetisi sedang ditawarkan kepada target pasar.

v  Promosi
Setelah penelitian produk, pengembangan dan penciptaan, promosi (iklan khusus) umumnya item baris terbesar dalam anggaran pemasaran perusahaan global.

Keuntungan
Keuntungan dari pasar global termasuk:
1.      Skala ekonomi dalam produksi dan distribusi
2.      Biaya pemasaran yang lebih rendah
3.      Kekuasaan dan ruang lingkup
4.      Konsistensi dalam citra merek
5.      Kemampuan untuk memanfaatkan ide-ide yang baik dengan cepat dan efisien
6.      Keseragaman praktik pemasaran
7.      Membantu untuk membangun hubungan di luar "arena politik"

Kekurangan
1.      Perbedaan kebutuhan konsumen, keinginan, dan pola penggunaan produk
2.      Perbedaan respon konsumen untuk elemen bauran pemasaran
3.      Perbedaan dalam merek dan pengembangan produk dan lingkungan yang kompetitif
4.      Perbedaan dalam lingkungan hukum, beberapa di antaranya mungkin bertentangan dengan orang-orang dari pasar dalam negeri
5.      Perbedaan dalam lembaga yang tersedia, beberapa di antaranya mungkin panggilan untuk penciptaan yang sama sekali baru (misalnya infrastruktur)
6.      Perbedaan prosedur administrasi
7.      Perbedaan penempatan produk.

8.      Perbedaan dalam prosedur administrasi dan penempatan produk dapat terjadi.

7 rekomendasi untuk strategi pemasaran global yang seimbang

Mengapa teori pemasaran global sering berbeda dari realitas?

Di atas kertas, pemasaran global tidak diragukan lagi sebuah konsep besar. Ide memanfaatkan strategi pemasaran di beberapa pasar tampaknya selain menguntungkan, menghemat tenaga dan sumber daya dan memastikan tingkat tinggi konsistensi antara semua di-pasar branding dan kegiatan.
Namun, pertanyaannya apakah cara kerja pemasaran global adalah topik pembicaraan yang sering di antara pemasar dan konsep sumber daya global yang dipimpin pemasaran yang selalu di pandang secara tidak pasti.

Jadi, bagaimana Anda membuat pekerjaan pemasaran global?

Menghentikan Buaian
Departemen pemasaran, terutama di perusahaan besar, tampaknya mengikuti gerakan buaian yang sama. Kadang-kadang tim sentral / pusat dibentuk untuk mengawasi semua wilayah; di lain waktu tim-tim yang sama mengembangkan sesuatu yang tidak begitu efisien di pasar global menjadi komponen regional atau lokal, masing-masing fokus pada pasar tertentu.
Pemasaran global memang bisa bekerja, mendorong sinergi dan skala ekonomi sementara melestarikan kebutuhan lokal spesifik dan pertimbangan budaya. Namun, seperti kebanyakan pendekatan pemasaran, kunci sukses adalah pendekatan yang seimbang. Tidak semua kegiatan pemasaran dapat atau harus didorong dari pusat.


Berikut adalah beberapa tips untuk pendekatan pemasaran global yang seimbang dan sukses :
1.      Tentukan apa yang harus dorong secara global dan apa yang dikelola secara local
Pendekatan pemasaran global tidak berarti tidak adanya rencana khusus-pasar lokal dan inisiatif.  Kedua pendekatan ini harus ada pada sebuah perusahaan dan pada kenyataannya, pendekatan ini saling melengkapi. Pemasaran global biasanya akan menetapkan kerangka kerja dan parameter di mana pemasaran lokal beroperasi, sementara itu memberikan tim pemasaran kebebasan untuk mengontrol  kesuksesan pada pasar lokal ( mengontrol pasar lokal ).
Beberapa daerah pemasaran yang menawarkan diri untuk memimpin di tingkat global atau pusat termasuk branding dan merek merka yang di jadikan pedoman, perencanaan pemasaran strategis dan penganggaran (dengan otonomi yang diberikan kepada pasar dalam anggaran mereka yang  dialokasikan), kampanye pemasaran besar-besaran, strategi media social, strategi penelitian, dan PR global. Dalam prakteknya, hal ini mungkin berguna untuk membagi pasar ke dalam tingkatan.
Pasar berjenjang akan membantu untuk mengidentifikasi wilayah yang mungkin mendorong kembali potensi tertinggi. Hal ini juga memungkinkan pasar tingkat atas untuk mengakses anggaran yang lebih besar, memberi mereka otonomi misalnya, penelitian perilaku pengguna lokal untuk menginformasikan pengembangan produk. Daerah global dan lokal mungkin berbeda dari perusahaan ke perusahaan. Namun, sangat penting untuk menentukan daerah jelas yang akan di tuju sebagai sasaran pemasaran, untuk menghindari gesekan dan inefisiensi.

2.      Memahami kebutuhan pasar lokal dan mengembangkan pendekatan kolaboratif
Terlalu sering beroperasi secara global dipandang sebagai alasan untuk menghindari menghabiskan waktu memahami budaya lokal, kebutuhan dan perilaku pelanggan, serta pendekatan pemasaran yang sukses dan kurang sukses. Namun, jelas bahwa pelanggan yang berbasis di AS mungkin akan sangat berbeda dari pelanggan terletak di India atau SEA. Hidup mereka, budaya, dan kebutuhan yang berbeda, sehingga sangat memungkinkan mereka akan berinteraksi sangat berbeda dengan produk atau jasa. Secara model global untuk bekerja, tim global perlu mengembangkan pemahaman tentang pasar lokal dan membangun hubungan yang erat dengan tim pemasaran local.
Inisiatif secara global harus didefinisikan dan faktor dalam tingkat fleksibilitas harus di rencanakan untuk memenuhi perbedaan budaya. Sebuah komunitas bertemu, persaingan media sosial, atau berburu kampanye mungkin akan menimbulkan pengaruh dengan baik dengan beberapa pasar.
Melakukan penelitian pasar dan mengambil waktu untuk mengenal tim internasional secara lebih baik akan membuat mereka berkerja dengan baik. Mempercayai mereka untuk menjadi ahli pada adat istiadat setempat dan customer dan memanfaatkan pengetahuan mereka untuk membuat rencana global Anda dan kampanye sukses.

3.      Mengembangkan dan mensosialisasikan rencana pemasaran global awal (mencari umpan balik)
Jadi, jika kita telah menjalin hubungan kunci, meneliti pasar lokal, dan menyelenggarakan program pemasaran global yang akan kita pikirkan adalah untuk mengakomodasi kebutuhan lokal di mana diperlukan. Itu awal yang baik, tapi jangan menunggu kampanye untuk mulai memvalidasi asumsi Anda. Socialise rencana ini dengan tim internasional Anda sesegera mungkin, mencari umpan balik mereka dan memastikan bahwa tidak ada masalah hukum untuk mencegah rencana Anda bekerja di pasar tertentu.
Pendekatan proaktif juga akan memberi Anda waktu untuk menyesuaikan dan merevisi rencana Anda dalam hal masalah. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan dukungan dari rekan-rekan lokal Anda.

4.      Mengelola kampanye seperti operasi militer yang berncana untuk melakukan penyerangan
Selama waktu untuk kampanye Anda untuk melakukan pendekatan, ada beberapa elemen kunci untuk mempertimbangkan anda dalam meraih kesuksesan; dimulai dengan perencanaan proyek yang luar biasa.
Menunjuk manajer kampanye global - dengan tanggung jawab untuk semua komunikasi dan koordinasi seluruh kampanye. Pastikan / akuntabilitas secara keseluruhan nya dipahami oleh semua. Gagal melakukan hal ini akan mengakibatkan kesalahpahaman dalam jalur  komunikasi.
Pastikan rencana tenggat waktu, tanggung jawab dan kiriman yang jelas untuk semua orang yang terlibat. Rencana peluncuran resmi kampanye pada waktu dan tanggal yang bekerja untuk semua negara dalam kampanye. Dan pada setiap langkah untuk mendapatkan semua pihak dan memastikan kapan kiriman telah selesai sehingga Anda dapat tetap di atas proyek di tingkat global.
Pertimbangkan zona waktu - jadwal Anda harus mencerminkan semua bahan yang relevan siap secara bersamaan di semua pasar. Dan jangan lupa untuk faktor dalam waktu untuk penerjemahan, lokalisasi, ulasan dan iterasi. Berkomunikasi - rencana, kiriman dan seluruh saluran yang berbeda dan beberapa kali. Menyentuh pasar  di negara tim pesaing dan mendapatkan kolega dengan baik secara teratur akan memberikan dukungan dan saran dan untuk tetap di atas kampanye sesuai dengan budaya pada daerah setempat / daerah yang di tuju.

5.      Pastikan Anda melacak dan menyesuaikan secara real time
Menjalankan kampanye di beberapa pasar berarti Anda harus sangat disiplin mengenai hasil pelacakan. Manajer kampanye adalah orang yang baik untuk mengkoordinasikan ini. Berikut adalah beberapa saran:
·         Mendefinisikan metrik dan tujuan utama pada awal kampanye baik di tingkat pasar global. Dapatkan dukungan dari tim di pasar pada target tersebut. Bagi metrik ini awal dan berbagi mereka semua.
·         Melihat bagaimana setiap pasar memberikan kontribusi bagi keberhasilan keseluruhan kampanye mungkin membantu mendorong sedikit persaingan yang sehat!
·         Simpanlah hasil – hasil metric pemasaran tersebut secara terpusat di mana metrik pasar diperbarui setiap minggu / hari / setiap frekuensi lain yang relevan.
·         Metrik Ulasan mingguan dengan tim, sebaiknya pada panggilan atau panggilan video, dan mengambil tindakan untuk mengatasi bawah performa. Diskusi ini harus aktif dan bersemangat, sehingga semua tim lokal dapat berkontribusi dengan baik. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan praktik terbaik di pasar.

6.      Konsolidasi dan berbagi wawasan
Setelah kampanye berakhir, pastikan Anda mengkonsolidasikan wawasan yang diperoleh. Diskusikan apa yang berhasil, apa yang tidak; yang memasarkan kampanye paling sukses dan mengapa. Pembelajaran ini akan sangat berharga dalam perencanaan aktivitas di masa depan.

7.      Berkomunikasi
Komunikasi yang efektif sangat penting setiap saat, tidak hanya ketika menjalankan kampanye. Berada di peran pemasaran global mau tidak mau berarti Anda akan bekerja dengan rekan-rekan di seluruh dunia; kebanyakan akan duduk ribuan mil jauhnya dari Anda. Dalam keadaan seperti ini sangat mudah untuk merasa terputus ( komunikasi ).
Sebuah elemen penting yang membuat pekerjaan pemasaran global adalah hubungan Anda membangun dengan di pasar tim. Saluran komunikasi terbuka sangat penting dalam mengembangkan kepercayaan dan memelihara hubungan ini. Regular (video) panggilan adalah cara yang bagus untuk menjaga tim up-to-date dengan rencana global terbaru dan perubahan, serta belajar tentang perkembangan terbaru dalam kompetitif pasar, atau untuk mendiskusikan ide-ide kampanye baru.
Zona waktu akan membuat ini menjadi sebuah tantangan, tetapi bila kita dapat bekerja dengan baik dengan zona wakktu tersebut, maka itu tidak akan menjadi sebuah masalah dan hasil kerja keras kita akan terbayarkan. Menciptakan kohesi dalam tim akan pergi jauh dalam mendorong keberhasilan Anda bergabung.

Menuai keuntungan dari operasi global
Pemasaran global membutuhkan beberapa usaha atau kerja keras untuk dapat bekerja dengan baik, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat. Paling jelas, memastikan strategi pemasaran Anda diterapkan secara konsisten (tapi cerdas) di wilayah dan memungkinkan Anda untuk beroperasi secara lebih efisien melalui skala ekonomi. Di luar ini, salah satu manfaat terbesar dari operasi global dengan kehadiran lokal adalah kesempatan yang disediakan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam pasar di mana perusahaan Anda beroperasi dan potensi mereka. Hal ini memungkinkan Anda untuk memprioritaskan dan mengoptimalkan usaha Anda dan anggaran secara efektif.
Dan yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah, memberikan Anda banyak wilayah untuk belajar dan mendapatkan pengalaman yang baik. Untuk setiap kampanye atau kegiatan Anda menjalankan, Anda akan mengumpulkan umpan balik dan saran dari berbagai pasar. Ini adalah wawasan yang sangat berharga Anda dapat memanfaatkan dengan mengembangkan repositori praktek terbaik dan ide-ide yang akan membantu mendorong kesuksesan jangka panjang Anda.

ΓΌ  Sumber / Referensi :

http://www.oup.com/uk/booksites/content/0199267529/student/glossary.htm#G Oxford University Press’ Glossary of Marketing Terms

RESPONDING TO THE CHALLENGES OF GLOBAL MARKETS: CHANGE, COMPLEXITY, COMPETITION AND CONSCIENCE C. Samuel Craig; Susan P. Douglas.www.vuw.ac.nz/~caplabtb/m302w07/CRAIG_DOUGLAS.DOC

http://www.amazon.com/China-Goes-West-Everything-Companies/dp/1137410124
Building Strong Brands, David Aaker, E.T. Grether Professor of Marketing Strategy at the Haas School of Business at the University of California at Berkeley