Laman

Sabtu, 29 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 1 (bag. 2)



REVIEW 2
ANALISIS KESEHATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM
 DI KOTA DENPASAR

Oleh : Ni Ketut Sukasih


IV   SIMPULAN DAN SARAN

a.      Simpulan
Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa kondisi kesehatan KSP di kota Denpasar berdasarkan 30 sampel yang di ambil adalah sebagai berikut :
1.      KSP yang tergolong sehat berjumlah 13 buah atau 34%
KSP yang tegolong sehat yaitu KSP kelompok A = 1 buah, KSP kelompok B = 2 buah, KSP kelompok C = 3 buah, KSP kelompok D = 4 buah, KSP kelompok E = 2 buah, dan KSP kelompok F = 1 buah.
2.      KSP yang tergolong cukup sehat berjumlah 14 buah atau 47%
KSP yang tegolong sehat yaitu KSP kelompok A = 3 buah, KSP kelompok B = 3 buah, KSP kelompok C = 2 buah, KSP kelompok D = 1 buah, KSP kelompok E = 3 buah, dan KSP kelompok F = 2 buah.
3.      KSP yang tergolong kurang sehat berjumlah 10 buah atau 10%
KSP yang tegolong kurang yaitu KSP kelompok A = 1 buah,dan KSP kelompok F = 2 buah.
b.      Saran
Melihat kesimpula seperti di atas maka dapat di berikan saran pembinaan melalui program pelatihan kepada para pengurus dan pengelola KSP, sehingga semua KSP yang ada berada dalam kondisi sehat.


DAFTAR PUSTAKA

·         Bambang Riyanto; Dasar – dasar pembelanjaan perusahaan,edisi kedua,yayasan penerbit Gajah Mada Yogyakarta,1980 ,Bab.IV
·         Pedoman pemberdayaan struktur pengendalian inter KSP/USP di terbitkan oleh departemen koperasi,Pengusaha Kecil dan Menengah Direktorat Jendral Fasilitas Pembiayaan dan Simpan Pinjam,Jakarta tahun 1999/2000,Bab II hal.14
·         Pedoman Thenis Tata Cara Pemeriksaan Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha Simpan Pinjam di terbitkan oleh Departemen Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Direktorat Jendral Pembinaan Koperasi Perkotaan Jakarta,th 1997,Bab.IV
·         Petunjuk Thenis Operasional Lembaga Perkrditan Desa (LPD) Kabupaten Bandung oleh Tim Pembina Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kabupaten Bandung th 2002, hal 15
·         Soemarso S.R ;Akutansi Suatu Pengantar,buku dua,edisi kedua,penerbitan LPSFE-UI,Jakarta,1986,Bab.IV.
·         Supranto,J.;Metode Riset aplikasinya Dalam Pemasaran,edisi empat, LPSFE-UI,Jakarta,1986,Bab.IV.
·         Surat Keputusan Menteri Koperasi,Pengusaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia nomer 194/KEP/IX/1998 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kesehatan KSP/USP.
·         Surat Keputusan Menteri Koperasi,Pengusaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia nomer 351/KEP/XII/1998 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi.
·         Syafaruddin A,.; Alat – alat analisa dalam Pembelanjaan,Bagaian Penerbitan Fakultas Ekonomi –UII,Yogyakarta,1980,BAB.III.
·         Undang – undang Republik Indonesia nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.


ISSN :  0854-4204



Nama                           : Fitri Wijayanti
NMP/Kelas                 : 22211927/2EB09
Tahun                          : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar