Laman

Sabtu, 29 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 3 (bag. 2)



REVIEW 6
MEMBANGUN EKONOMI KOPERASI MELALUI PEMBERDAYAAN
KOPERASI

Oleh : Amiruddin Idris *)


3. Pembahasan

Mengkaji kisah sukses dari beberapa koperasi,terutama koperasi dari Indonesia sekiranya dapat di sarikan beberapa faktor kunci yang urgent dalam pengembangan dan pemberdayaan koperasi. Diatara faktor penting tersebut antara lain:
a.      Pemahaman pengurus dan anggota akan jati diri koperasi (co-operative identity) yang antara lain di citrakan oleh pengetahuan mereka terhadap “tiga serangkai” koperasi,yaitu pengertian koperasi (definition of co-operative),nilai – nilai koperasi (values of co-operative),dan prinsip – prinsip gerakan koperasi (international co-operative information center,1996).Pemahaman akan jati diri koperasi merupakan entry point dan sekaligus juga crucial point dalam mengimplementasikan jati diri tersebut dalam segala aktifitas koperasi.Sebagai catatan tambahan apratur pemerintah terutama departemen yang membidangi masalah koperasi perlu pula untuk memahami secara utuh dan mendalam mengenai perkoprasian,sehingga komentar yang di lontarkan oleh pejabat tidak terkesan kurang memahami akar persoalan koperasi, seperti kritik yang pernah di lontarkan oleh berbagai kalangan ,di antaranya oleh Baga (2003).
b.      Dalam menjalankan usahanya,pengurus koperasi harus mampu mengidentifikasi kebutuhan kolektif anggotanya (collective need of member) dan memnuhi kebutuhan tersebut.Proses untuk memenuhi kebutuhan kolektif anggota sifatnya kondisional dan lokal spesifik.Dengan  mempertimbangkan aspirasi anggota – anggotanya,sangat di mungkinknan kebutuhan kolektif setiap koperasi berbeda - beda. Misalnya di suatu kawasan sentra produksi komoditas pertanian (buah - buahan) bisa saja didirikan koperasi. Kehadiran lembaga koperasi yang didirikan oleh anggota dan untuk anggota  akan memperlancar proses  produksinya, misalnya dengan menyediakan input produksi,memberikan bimbingan teknis produksi,pembukuan usaha,pengemasan dan pemasaran produk.
c.       Kesungguhan kerja pengurus dan karywan dalam mengelola koperasi.Disamping kerja keras,figur pengurus koperasi hendaknya dipilih orang yang amanah,jujur,dan transparan.
d.      Kegiatan (Usaha) koperasi bersinergi dengan aktifitas anggotanya.
e.      Adanya efektifitas biaya transaksi antara koperasi dengan anggotanya sehingga biaya tersebut lebih kecil di bandingkan dengan biaya transaksi yang di bebankan oleh lembaga non – koperasi.

4. Penutup

Untuk memajukan perekonomia perlu dilakukan pemberdayaan koperasi sehingga koperasi bukan hanya berperan sebagai lembaga yang menjalankan usaha saja,namun koperasi bisa menjadi alternatif kegiatan ekonomi yang mampu menyejahterakan anggota serta sekaligus berfungsi sebagai kekuatan pengimbang dalam sistem perekonomian.Dengan kata lain kita mengharapkan tumbuh berkembangnya koperasi yang memiliki competitive advantage dan bargaining position yang setara dengan pelaku ekonomi lainnya.
Upaya untuk lebih memberdayakan koperasi diawali dengan mengembalikan koperasi sesuai dengan jatidirinya.Selain itu di perlukan upaya serius untuk mendiseminasikan dan mensosialisasikan koperasi dalam format grakan nasional koperasi secara berkesinambungan kepada warga masyarakat,baik melalui pendidikan,media masa,maupun media yang liannya.Semoga koperasi ekonomi dapat tumbuh,berkembang dan berdaya guna serta mampu menjadi salah satu pilar penting perekonomian bangsa.


DAFTAR KEPUSTAKAAN

·         Baga,L.M,2003,”Foolishisasi” Koperasi,Kompas,12 Juli 2003
·         baswir,R,2003.Koperasi dan Perdagangan Bebas,Republika 23 Juni 2003
·         International Co-operative Information Center,1996.What is a co-operative?
·         Krisnamurthi,B,2002.Membangun KoperasiBerbasis Anggota Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Rakyat,Jurna Ekonomi Rakyat,Th.1, No.4(www.ekonomirakyat.org)
·         Mubrayto,2002.Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Gerakan Koperasi : Peran Perguruan Tinggi,Jurnal Ekonomi Rakyat,Th,1 No.6 (www.ekonomirakyat.org)
·         Mutis,T.2001.Satu Nuansa,Demokrasi Ekonomi dan Ekonomi Kerakyatan ,Kompas,29 September 2001
·         ______________,2003.Koperasi Konsumsi Harus Bisa Digalakan Kembali,Kompas % Juli 2003
·         Rahardjo,2002.Apa Kabar Koperasi Indonesia,Kompas 9 Agustus 2002.

Sumber : http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/search.html?act=tampil&id=8686&idc=72

Nama                           : Fitri Wijayanti
NMP/Kelas                 : 22211927/2EB09
Tahun                          : 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar